Minggu, 21 Juni 2015

Bagaimana Sih Etika Menjenguk Orang Sakit

Bagaimana sih etika menjenguk orang yang sakit? Saat teman atau keluarga ada yang sakit sebagai orang yang menjalin hubungan yang dekat tentunya kita akan peduli sama mereka dan ingin sekedar menjenguk untuk tahu kabarnya dan sekaligus memberikan motivasi agar lebih bersemangat dan cepat sembuh.

Kadangkalanya tentu kita akan merasa gak enak kalau menjenguk mereka karena takutnya mereka malah merasa terganggu karena mungkin waktunya kurang pas. Dan sebaliknya, akan lebih tidak enak lagi kalau kita tak menjenguk mereka. Alangkah baiknya jika orang yang sakit cukup dekat dengan kita, jangan cuma memberikan ucapan GWS aja, tapi kunjungi secara langsung dengan membawa oleh-oleh buah dan do'a biar cepat sembuh serta memberi dukungan moril.

Berikut adalah beberapa tips dari saya, etika menjenguk orang sakit :

1. Perhatikan jam berkunjung

Sebaiknya jangan mengunjungi di waktu-waktu si pasien harus beristirahat, misalnya di atas jam 9 malam. Karena pasien tentu butuh banyak istirahat demi memulihkan kondisi mereka. Waktu berkunjung misalnya antara jam 10 pagi hingga jam 1 siang atau jam 4 sore hingga jam 7 malam. Alangkah baiknya lagi, jika kasih kabar dulu apabila mau menjenguk biar si pasien bersiap menyambut dan agar tidak jangan sampai membangunkan ketika pas pasien lagi tidur.

2. Bawakan oleh-oleh

Membawa oleh-oleh juga akan membuat si pasien dan keluarga pasien yang lagi nungguin merasa senang. Oleh-oleh seperti buah atau kue, akan bisa dinikmati pasien dan keluarganya yang nungguin sembari menghabiskan waktu luang. Tentunya mereka merasa jenuh hanya duduk dan tiduran di rumah sakit.

3. Berilah hiburan dengan motivasi yang membangiitkan semangat

4. Jika datang menjenguknya secara rombongan, usahakan jangan membuat kegaduhan yang bisa mengganggu pasien dan orang di sekitarnya.

5. Jangan terlalu berlama-lama menjenguk kecuali permintaan dari pasien sendiri

Soalnya mereka butuh banyak istirahat jadi janganlah kita menghabiskan waktu mereka dengan obrolan-obrolan yang kurang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar